Rabu, 21 Desember 2011

asupan Gizi yang di anjurkan WHO

Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
Zat gizi yang diperlukan tubuh antara lain yaitu:
1. Karbohidrat
Adalah sumber energi utama dalam tubuh kita,karbohidrat mengandung energi 4 kalori pergram. Anjuran: sekitar setengah (45% sampai 65% ) dari kebutuhan energi harian hendaknya diperoleh dari karbohidrat.

2. Protein.
Merupakan bahan esensial untuk menunjang kehidupan. Tubuh kita,kulit,tulang, otot, darah, hormon, enzim dan organ- organ dalam semua tersusun dari protein.Protei mengandung 4 kalori per gram. Anjuran: asupan protein sekitar sepertiga (10% sampai 35%) kebutuhan energi perhari.kebutuhan minimal wanita adalah 46 gram per hari,sedangkan pada laki-laki adalah 56 gram per hari.

3. Lemak.
Membantu absorpsi berbagai vitamin, menjaga struktur dan fungsi membransel, dan imunitas tubuh.Lemak mengandung 9 kalori per gram dua kali lebih besar dibanding karbohidrat dan protein. Anjuran: asupan lemak hendaknya kurang dari sepertiga (20% sampai 30%)kebutuhan energi perhari.

4. Serat.
Berasal dari tumbuhan.Tubuh kita tidak dapat mencerna dan menyerap (absorpsi) serat.Ada dua jenis serat yaitu larut dan serat tak larut.serat tak larut membantu proses buang air dan mancegah sembelit(konstipasi).serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.Anjuran: kebutuhan serat pada wanita 21sampai 25 gram per hari, sedangkan pada laki-laki 30 sampai 38 gram per hari.

5. Kolesterol.
Sangat penting bagi struktur dan fungsi sel tubuh, namun kolesterol dapat menyebabkan timbunan plak pada dinding arteri.Tubuh kita dapat mensintesa kolesterol untuk memenuhi kebutuhannya.
Anjuran: asupan kolesterol tidak lebih dari 300 mg per hari.

Masing- masing kelompok makanan memiliki perannya masing-masing, Pengelompokan didasarkan pada fungsi utama zat gizi atau yang dalam ilmu gizi disebut Tri Guna Makanan. Peran tersebut antara lain:
1. Sumber zat tenaga yaitu padi-padian, umbi-umbian, dan tepung-tepungan.
2. Sumber zat pengatur yaitu sayuran dan buah-buahan.
3. Sumber zat pembangun yaitu kacang-kacangan, makanan hewani dan olahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar